Rahasia Untung Investasi Deposito Berjangka

Ketika Anda memilih deposito berjangka, Anda tentu berharap ini akan menjadi investasi yang menguntungkan. Untuk mendapatkan keuntungan yang besar dari deposito tersebut, berikut ini adalah beberapa strategi yang perlu dilakukan.

Ketika Anda memilih deposito berjangka, Anda tentu berharap ini akan menjadi investasi yang menguntungkan. Untuk mendapatkan keuntungan yang besar dari deposito tersebut, berikut ini adalah beberapa strategi yang perlu dilakukan.

Memilih Jangka Waktu Investasi

Tentukan jangka waktu dana Anda akan disimpan di deposito tersebut. Jangka waktu simpan dapat berpengaruh terhadap tingkat suku bunga yang akan diperoleh. Memilih jangka waktu deposito dapat ditentukan berdasarkan kapan Anda memerlukan dana tersebut. Selain itu, pastikan Anda memiliki dana cadangan sebelum waktu jatuh tempo deposito.

Membandingkan Suku Bunga

Setelah menentukan jangka waktu deposito, Anda dapat memilih bank yang menawarkan bunga deposito sesuai dengan harapan. Setiap bank menawarkan suku bunga yang berbeda-beda entah itu deposito berjangka BCA, deposito berjangka BRI atau deposito dari bank lainnya. Bank dengan suku bunga yang kompetitif tentu akan sangat menguntungkan.

Memperhatikan Ketentuan

Setiap bank biasanya memiliki kebijakan yang berbeda-beda terkait deposito yang ditawarkan. Ada yang memungkinkan deposito tersebut dijadikan sebagai jaminan pinjaman, menyediakan berbagai pilihan mata uang untuk deposito, dan masih banyak lagi. Dengan memperhatikan ketentuan dan layanan yang tersedia, maka Anda dapat memilih deposito yang paling sesuai dengan keinginan.

Bagaimana Menghitung Suku Bunga Pada Deposito Berjangka?

Ketika Anda mulai membuat tabungan deposito, tentu Anda sudah membayangkan keuntungan yang akan diperoleh. Cara menghitung suku bunga deposito ini sebenarnya sangat mudah yaitu dengan perhitungan contoh deposito berjangka berikut:

  • Keuntungan deposito = jumlah uang yang disetor x suku bunga deposito x jangka waktu deposito yang diambil
  • Pajak deposito = bunga deposito x tarif pajak
  • Pengembalian deposito = nominal investasi + (bunga deposito – pajak)

Bagaimana Cara Membuat Deposito

Bagi Anda yang baru pertama kali akan mencoba investasi di deposito berjangka, berikut ini adalah beberapa tahap cara membuat deposito yang dapat dicoba

  • Nasabah wajib memiliki rekening di bank yang akan menjadi tempat investasi
  • Siapkan kartu identitas diri (KTP) dan NPWP
  • Siapkan dana yang akan didepositokan untuk setoran awal serta biaya materai yang akan digunakan
  • Tentukan tenor deposito
  • Isi form pendaftaran dengan lengkap dan benar

Anda tidak perlu khawatir karena selama proses pembukaan deposito ini nasabah akan didampingi oleh customer service. Anda hanya perlu mengikuti arahan yang diberikan oleh customer service tersebut. Setelah dinyatakan berhasil, Anda akan mendapat bilyet.

Nantinya penarikan deposito berjangka menggunakan bilyet. Jadi pastikan untuk menyimpan bukti tersebut dengan baik karena bilyet ini wajib dibawa saat pencairan dana deposito.

Demikian beberapa cara menghitung suku bunga dan cara membuka akun deposito. Alternatif lainnya untuk mendapatkan bunga yang tinggi dan menghindari penalti adalah Anda dapat membagi dana yang akan diinvestasikan ke dalam beberapa deposito dan jangka waktu yang berbeda-beda. Jika Anda mencari investasi jangka panjang, maka deposito berjangka dapat menjadi pilihan yang tepat.

Leave a Reply