Pengertian, dan Cara Membuat WA Chat Bot

Mengingat perkembangan di dunia teknologi semakin maju, tidak heran jika banyak produk canggih yang bermunculan. Salah astunya adalah wa chat bot. Bergerak dalam bidang digitalisasi berupa robot kecil, yang telah berevolusi guna meningkatkan performa dengan baik.

Mengingat perkembangan di dunia teknologi semakin maju, tidak heran jika banyak produk canggih yang bermunculan. Salah astunya adalah wa chat bot. Bergerak dalam bidang digitalisasi berupa robot kecil, yang telah berevolusi guna meningkatkan performa dengan baik.

Apa itu Chat Bot?

Chat bot adalah sebuah program atau sistem komputer diperoleh dan dapat dikembangkan melalui algoritma kompleks intelegensi buatan. Chat bot ini merupakan program komputer yang berbasis Artificial Intelligence (AI). 

Yang berarti robot canggih virtual yang sudah di progam untuk dapat menyimulasikan atau menirukan percakapan manusia, dan dapat diakses menggunakan pesan teks ketikan, atau perintah suara yang terekam.

Chat bot tercipta dengan tujuan agar membantu departemen perusahaan yang berperan dalam melayani pelanggan dapat terbantu dan pekerjaan menjadi lebih praktis serta efisien.

Apa itu Chat bot WA?

Dalam penjelasan sebelumnya sudah jelas, bahwa penciptaan chat bot yang utama adalah guna membantu pelayanan pelanggan menjadi lebih praktis dan efisien. Seperti yang kita tahu kebanyakan masyarakat lebih memilih komunikasi dalam hal berbisnis melalui whatsapp (WA).

Sehingga dengan adanya wachat bot dapat memudahkan komunikasi antara pelanggan dan pemilik bisnis/usaha. Bahkan sudah banyak yang menggunakan chat bot wa, karena penggunaannya yang menguntungkan.

Bot wa merupakan sistem software yang dapat digunakan dalam aplikasi pesan enskripsiwhatsapp dengan penggunaanya yang mudah. Dengan adanya bot chat pada waanda, secara tidak langsung dapat memudahkan pelanggan ketika dalam kesulitan. Seperti membantu menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat dan tepat.

Cara Membuat Chat Bot Whatsapp

Ternyata untuk dapat membuat chat bot tidaklah terlalu sulit, dan dengan anda membuat bot untuk wa. Anda dapat menyesuaikan script percakapan sesuai dengan yang anda inginkan, agar dapat memudahkan pelanggan anda. Berikut cara untuk membuat bot chat pada whatsapp:

  1. Pastikan whatsappanda dalam kategori API bisnis
  2. Buat script yang sesuai dengan keinginanmu, pastikan anda menyesuaikan script dengan pertanyaan yang sekiranya akan diajukan oleh pelangganmu.
  3. Meggunakan pembuat chat bot dengan database
  4. Uji chat bot waanda terlebih dahulu, dan pastikan bot dapat bekerja dengan baik
  5. Lakukan peng-install-anchat bot pada nomor whatsappanda, yang akan anda hubungkan dengan chat bot.
  6. Lengkapi platform dengan memberi nama, ikon, informasi, dan detail kontak

Demikian pembehasan mengenai pengertian dan pembuatan wachat bot. ada banyak keuntungan yang anda dapat ketika menggunakan chat bot pada akun whatsappanda, dan cara kerja tiap bot berbeda-beda. Aplikasi chat bot sangat membantu pengguna whatsapp dalam melayani konsumen dengan cepat tanpa harus mengecek manual satu per satu isi chat dari konsumen.

Leave a Reply