Inilah Kelebihan dan Kekurangan Perusahaan Jasa Maklon, Ketahui Lebih Awal

Bagi anda yang sudah memiliki ide usaha namun mengalami kendala modal, maka perusahaan jasa maklon adalah solusi terbaik yang bisa anda pilih.

Bagi anda yang sudah memiliki ide usaha namun mengalami kendala modal, maka perusahaan jasa maklon adalah solusi terbaik yang bisa anda pilih. Apa pengertian jasa maklon? Jasa maklon ialah pemberian jasa yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu barang yang mana bahan atau petunjuk yang lain disesuaikan dengan permintaan dari pemesan.

Kelebihan Menggunakan Jasa Maklon:

  1. Mempersingkat waktu, sehingga anda bisa lebih fokus pada sumber daya untuk menjual atau memasarkan produk

Karena segala tanggung jawab produksi telah anda serahkan ke pihak penyedia jasa maklon, maka secara tidak langsung anda hanya akan berfokus pada bagaimana cara memasarkan produk ke customer.

  1. Tidak perlu riset produk

Mengapa? Karena penyedia jasa maklon profesional tentu sudah memiliki tim riset dan pengembangan sendiri yang akan membantu proses berkembangnya produk anda.

  1. Hemat modal

Hal ini dikarenakan anda tidak perlu keluar biaya untuk membangun fasilitas pengembangan serta melakukan produksi dari produk yang akan anda pasarkan.

  1. Meminimalisir resiko kegagalan

Apabila anda melakukan kerja sama dengan jasa maklon yang terpercaya dan sudah berpengalaman dibidangnya tentu peluang mengalami kegagalan relatif lebih kecil. 

Selain kelebihan-kelebihan di atas ternyata perusahaan jasa maklon juga memiliki kekurangan yang perlu anda ketahui sejak awal. Berikut detailnya!

Kekurangan Menggunakan Jasa Maklon:

  1. Tidak bisa memantau proses produksi secara langsung

karena tidak bisa memantau proses produksi secara langsung hendaknya anda sering melakukan komunikasi dengan pihak vendor agar anda tahu sejauh mana progress berlangsung. Selain itu, anda juga bisa meminta sampel produk atau proofing sebelum diproduksi secara massal.

  1. Waktu produksi kadang tidak sesuai

Jika hal ini terjadi tentu akan mengacaukan timeline produksi atau launching produk yang sudah ditetapkan sebelumnya. Nah, untuk mengatasi hal tersebut anda bisa membuat Purchasing Order Form yang mana didalamnya tertera detail dari produksi.

Itu tadi pembahasan singkat mengenai perusahaan jasa maklon yang diharapkan dapat membantu anda mewujudkan keinginan untuk memiliki produk/brand sendiri.

Leave a Reply