Ini Dia 4 Keunggulan Berjualan di Social Ecommerce Platform yang Wajib Diketahui

Social ecommerce platform adalah layanan-layanan yang memungkinkan terjadinya penjualan langsung kepada konsumen. Tentunya hal ini tidak sama dengan social media marketing atau social selling karena social ecommerce dapat memberikan pengalaman belanja yang berbeda bagi para pelanggan. Jadi pelanggan yang ingin membeli produk tidak akan diarahkan ke laman web baru untuk melanjutkan transaksi.

Social ecommerce platform adalah layanan-layanan yang memungkinkan terjadinya penjualan langsung kepada konsumen. Tentunya hal ini tidak sama dengan social media marketing atau social selling karena social ecommerce dapat memberikan pengalaman belanja yang berbeda bagi para pelanggan. Jadi pelanggan yang ingin membeli produk tidak akan diarahkan ke laman web baru untuk melanjutkan transaksi.

Dengan social ecommerce, pelanggan dapat mencari produk langsung sekaligus membayar melalui platform social media. Salah satu keunggulannya adalah memudahkan pelanggan melakukan proses belanja dan tidak perlu keluar dari aplikasi social media. Tentunya hal ini dapat mengurangi kebingungan calon pembeli potensial yang ingin membeli produk

Pada akhirnya penjual dan pelanggan dapat sama-sama untung karena kemudahan yang ditawarkan. Agar semakin jelas, berikut ini adalah beberapa kemudahan yang ditawarkan oleh social ecommerce platform.

Menawarkan Pengalaman Belanja yang Lebih Interaktif

Social ecommerce dapat memberikan pengalaman belanja yang jauh lebih interaktif dibandingkan ketika berbelanja di situs e-commerce pada umumnya. Hal ini karena pelanggan mendapatkan kemudahan ketika memilih barang. Pelanggan cukup melakukan scroll di media sosial tersebut seperti biasa untuk mencari barang yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, proses pembayaran juga langsung di aplikasi tersebut sehingga lebih sederhana.

Pelanggan Lebih Mudah Mengirimkan Feedback

Social commerce juga dapat memudahkan konsumen untuk memberikan feedback atau umpan balik terhadap brand. Pelanggan dapat memberikan feedback tersebut pada katalog sehingga pemilik brand dapat mengetahui apakah produk tersebut sesuai dengan kebutuhan pelanggan atau tidak.

Interaksi Pelanggan dan Penjual Lebih Mudah

Media sosial dapat memberikan kemudahan bagi penjual untuk berinteraksi dengan pelanggan melalui direct messages atau komentar. Dengan adanya interaksi langsung, pelanggan akan merasakan pengalaman yang lebih baik dan semua keraguan atau hal yang ingin diketahui dapat direspon langsung oleh pihak penjual.

Lebih Mudah Menarik Minat Milenial & Gen Z Agar Berbelanja

Social ecommerce dapat menjadi mall modern yang cocok untuk anak muda. Dengan sistem pembelian yang praktis dan mudah social media, anak muda tentu lebih tertarik untuk berbelanja di sana dibandingkan pergi ke mall secara langsung. Jika produk yang dijual menyasar target konsumen usia 18 – 34 tahun, berjualan melalui social ecommerce dapat menjadi pilihan yang tepat.

Demikian beberapa keunggulan dari penjualan melalui social ecommerce platform. Oleh sebab itu saat ini tidak heran jika endorse produk semakin marak. Selain itu, social media juga kini tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk sekedar berjejaring dengan teman dan kerabat tetapi memungkinkan masyarakat untuk berbelanja sekaligus tanpa harus mengunjungi situs e-commerce.

Saat ini berbelanja melalui platform social ecommerce sudah menjadi hal yang umum dan diprediksi akan terus berkembang. Dengan keunggulan yang dimilikinya, ini menjadi peluang yang bagus bagi para pebisnis sebagai alternatif untuk menawarkan produk.

Leave a Reply