Memilih Produsen Jangan Serampangan, Berikut Tips-Tipsnya!

Terdapat beberapa produsen baja ringan yang terkadang tidak menyediakan baja ringan sesuai dengan harganya.

Konstruksi dengan menggunakan baja ringan belakangan ini memiliki banyak peminat. Cukup banyak kelebihan yang ditawarkan baja ringan untuk akhirnya digunakan sebagai bahan konstruksi. Namun perlu dicatat, terdapat beberapa produsen baja ringan yang terkadang tidak menyediakan baja ringan sesuai dengan harganya.

Oleh karena itu, diperlukan adanya pengetahuan cara memilih baja ringan.

  1. Sesuai Standar Nasional Indonesia

Anda perlu memastikan untuk membeli baja ringan yang memenuhi standar SNI. Hal ini dikarenakan adanya toko bangunan yang menjual baja ringan dengan harga standar, tetapi kualitasnya tidak memenuhi standar Nasional Indonesia. 

Memahami SNI dari baja ringan ini dimaksudkan untuk menghindari kerusakan seperti ketegangan rendah dan korosi. Ketegangan rendah pada baja ringan bisa menyebabkan atap baja ringan mudah roboh dan bengkok ketika tertiup angin kencang atau menahan beban berat.

  1. Garansi Produk

Selanjutnya yang harus menjadi pertimbangan anda untuk membeli produk dari salah satu produsen atap baja ringan adalah adanya garansi yang disediakan untuk produknya. Garansi merupakan hal yang penting karena menjamin telah melewati uji ketahanan dan tarikan tegangan di pabrik tempatnya diproduksi.

Selain itu, anda juga harus memastikan toko yang menjual memberikan pelayanan garansi, sehingga ketika sudah digunakan dan ternyata tidak sesuai ekspektasi dan penawaran awalnya anda tidak mengalami kerugian besar. 

  1. Pilih Baja Ringan Prefabrikasi

Memang baja ringan yang berbentuk potongan-potongan biasanya memiliki harga lebih murah. Namun ada baiknya untuk memilih baja ringan dari produsen baja ringan yang prefabrikasi.. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan kualitas.

Prefabrikasi yang dilakukan di dalam pabrik tempat produksi, dengan pemotongan manual oleh tukang memiliki perbedaan yang kentara dari segi kualitas. Mulai dari keseragaman kekuatan, sampai proses pemasangan yang lebih cepat ketika hendak dieksekusi di lokasi.

  1. Periksa Tegangan Tarikan

Selanjutnya anda juga perlu memeriksa tegangan tarikan produk baja ringan yang hendak anda gunakan. Karena kualitas utama baja ringan terletak pada aspek ini, dan tidak sulit untuk memahaminya. Anda bisa memeriksanya di keterangan produk. Baja ringan terbaik biasanya memiliki standar tegangan sebesar 500 Mpa. 

Tegangan berbanding lurus dengan kualitas, artinya semakin tinggi tarikan tegangan, semakin berkualitas baja ringan tersebut. 

  1. Bracing Baja Ringan

Terakhir yang perlu anda pahami dalam memilih baja ringan dari salah satu produsen baja Ringan di Indonesia adalah bracing baja ringan. Hal ini menjadi bagian yang sangat vital saat memilih baja ringan. Karena meskipun memiliki ketahanan yang kuat, baja ringan cukup tipis jika dibandingkan dengan baja konvensional.

Itulah ulasan tentang cara memilih baja ringan dari produsen baja ringan yang bisa menjadi pertimbangan anda memilih produk ke depannya.

Leave a Reply