4 Manfaat Cek Ovulasi serta Fakta Tentang Ovulasi

Cek ovulasi dengan alat tes ovulasi menjadi cara yang tepat agar perempuan bisa mendapatkan berbagai manfaat baik.

Cek ovulasi dengan alat tes ovulasi menjadi cara yang tepat agar perempuan bisa mendapatkan berbagai manfaat baik. Selain itu terdapat berbagai hal tentang ovulasi yang mungkin saja tidak banyak orang mengetahuinya.

Manfaat Mengetahui Masa Ovulasi Wanita

Beberapa manfaat dari mengetahui masa ovulasi adalah seperti di bawah ini.

  1. Merencanakan Kehamilan

Kehamilan yang direncanakan dengan tepat akan memudahkan pasangan suami istri dalam menjalaninya. Pasangan akan mudah mendapatkan momongan dengan melakukan pembuahan di waktu yang tepat. Selain itu, penundaan kehamilan dapat dilakukan dengan mengetahui masa ovulasi yang dapat di cek dengan alat tes ovulasi.

  1. Sebagai Cara KB Alami

Pasangan bisa menunda menambah momongan secara alami dengan mengetahui kapan masa ovulasi datang. Untuk mengetahuinya bisa menggunakan alat, mencatat, hingga memperhatikan tanda tanda ovulasi. Jika ovulasi datang pasangan bisa lebih berhati-hati dalam melakukan hubungan intim sebagai cara KB alami.

  1. Mengetahui Kesehatan Reproduksi

Mengetahui masa ovulasi menjadi salah satu cara untuk mengetahui kondisi kesehatan reproduksi. Ketika masa ovulasi datang dan pasangan sering berhubungan intim tetapi belum ada kehamilan, bisa saja terjadi masalah pada reproduksi. Namun, tentu saja hal tersebut perlu pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter.

  1. Dapat menyesuaikan aktivitas

Mengetahui masa subur dengan cek ovulasi bisa membuat pasangan lebih mudah dalam merencanakan untuk mendapat momongan. Saat ovulasi berlangsung pasangan bisa mengatur aktivitas yang bisa memaksimalkan hubungan intim. Pengendalian mood akan lebih baik untuk menghindari stres berlebih dan pertengkaran.

Fakta Tentang Masa Ovulasi

Tidak semua orang mengetahui fakta-fakta tentang ovulasi, misalnya berikut ini.

  1. Ovulasi tanpa menstruasi

Biasanya perempuan akan mengalami menstruasi sebelum memasuki masa ovulasi, tetapi tidak semua kasus seperti itu. Ada beberapa perempuan yang mengalami masa ovulasi tanpa mengalami menstruasi. Hal tersebut biasanya terjadi jika perempuan memiliki siklus menstruasi yang terganggu.

  1. Pembuahan sel telur selama ovulasi

Tidak semua sel telur mengalami pembuahan saat berhubungan intim ketika masa ovulasi berlangsung. Sel telur yang tidak dibuahi tersebut akan hancur dan terserap menuju lapisan dalam rahim. Atau bisa juga sel telur keluar bersama dengan aliran darah pada saat mengalami menstruasi.

  1. Kondisi sperma

Berhubungan intim setidaknya 5 hari sebelum ovulasi memperbesar kehamilan karena sperma dapat bertahan hidup selama 5 hari di dalam tubuh. Dari berjuta-juta sperma yang dilepaskan laki-laki, hanya ada satu yang menembus selaput telur. Sperma tidak bertemu indung telur bisa karena rusak atau mati karena antibodi pada mulut rahim.

  1. Jumlah sel telur

Secara alami perempuan memiliki jutaan sel telur yang sebagian akan terserap ovarium dan sebagian lagi menunggu masa ovulasi. Saat tanda tanda terjadinya ovulasi muncul maka akan ada sel telur yang matang untuk pembuahan. Perempuan memiliki 300 hingga 500 sel telur yang berovulasi atau matang selama hidupnya.

Itulah tadi manfaat cek ovulasi dan beberapa faktanya. Mengetahui siklus ovulasi dengan alat tes ovulasi dapat mengontrol kelahiran sehingga rumah tangga akan semakin harmonis.

Leave a Reply