Apa itu Deep Fryer

Gorengan sangat diminati oleh orang-orang. Cara mendapatkan hasil gorengan tersebut adalah dengan metode masak yang bernama deep frying dengan alat yang bernama deep fryer.

Siapa yang tidak suka dengan makanan gorengan, ya kan. Rasanya yang renyah dan gurih memiliki banyak penggemar. Guna menghasilkan gorengan yang enak seperti itu maka dikenal teknik memasak yang namanya metode deep frying, yakni menggoreng makanan dengan minyak yang cukup banyak, sehingga makanannya dapat terendam minyak seluruhnya dan bisa masak secara merata dalam waktu yang bersamaan. Nah alat masaknya namanya Deep Fryer.

Apa itu Deep Fryer

Deep Fryer ialah alat masak yang didesain secara khusus agar bisa memudahkan untuk menggoreng secara deep frying. Bentuknya cekung bisa berupa kotak empat persegi ataupun bundar dalam seperti panci yang dilengkapi dengan penyaring gorengan dan juga tutup serta ada juga yang telah dilengkapi dengan thermometer alat pengukur suhu panas minyak gorengnya. Desain tersebut sangat efektif dan efisien untuk menggoreng dengan metode  deep frying dalam jumlah yang besar sekalipun. 

Aneka Jenis Deep Fryer

Orang yang jual deep fryer gas di pasaran cukup bervariasi, dengan ragam sebagai berikut.

Bahan Bakar

Bahan bakar alat masak mesin deep fryer ini ada yang menggunakan gas dan ada yang menggunakan listrik. Alat masak deep fryer yang menggunakan listrik biasanya adalah yang kecil kapasitasnya. Sedangkan deep fryer yang menggunakan gas lebih lengkap variannya, tersedia juga yang dalam ukuran kapasitas besar untuk keperluan komersial atau bisnis.

Ukuran Kapasitas

Deep fryer ada yang berukuran kecil, sedang dan besar, yakni mulai dari ukuran kapasitas 1,5 liter sampai 46 liter. Ukuran kecil jual deep fryer gas ialah yang berkapasitas 4 liter ke bawah dan biasanya dipergunakan untuk keperluan rumah tangga. Sedangkan jika hendak digunakan untuk keperluan usaha bisnis kuliner maka sebaiknya membeli dengan orang yang jual deep fryer gas dengan kapasitas 4 liter ke atas. 

Harganya juga bervariasi tergantung bahan material pembuatannya, dan kelengkapannya juga, dan juga ukuran kapasitasnya. Pilih yang sesuai kebutuhan. Jika mau digunakan untuk kepentingan bisnis maka ada yang berkapasitas cukup besar bahkan hingga double penggorengan. Sehingga bisa digunakan untuk memasak lebih banyak gorengan yang bisa matang sempurna dalam waktu yang bersamaan.

Leave a Reply