Jual Besi UNP yang Memiliki Beragam Fungsi, Berikut Daftar Penggunaannya

Besi UNP merupakan satu dari dua jenis besi kanal yang sering digunakan pada sebuah proyek konstruksi. Adapun jual besi UNP biasa dilakukan banyak penjual bahan konstruksi, serta dapat ditemukan hampir di seluruh toko besi dan baja.

Besi UNP merupakan satu dari dua jenis besi kanal yang sering digunakan pada sebuah proyek konstruksi. Adapun jual besi UNP biasa dilakukan banyak penjual bahan konstruksi, serta dapat ditemukan hampir di seluruh toko besi dan baja. 

Mengapa besi UNP berperan besar dalam sebuah konstruksi? Dan apa saja kegunaan besi UNP yang lain? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini. 

Pengertian besi UNP

Besi UNP merupakan jenis besi kanal berbentuk huruf U yang memiliki karakteristik kuat dan kokoh. Berbeda dari saudaranya yaitu besi CNP, besi UNP umumnya digunakan sebagai komponen penutup pada bagian atap rumah. Selain itu, besi ini dapat digunakan pula sebagai struktur horizontal penopang dinding bangunan.

Karena kekuatan dan karakteristiknya yang khas, penggunaan besi UNP tidak hanya terbatas pada konstruksi bangunan semata. Pengerjaan konstruksi lainnya seperti jembatan serta saluran air juga kerap melibatkan besi yang satu ini. Bahkan, besi yang juga dikenal sebagai besi kanal U atau U-channel ini pun seringkali digunakan sebagai material penyusun mobil pickup dan berbagai jenis truk.

Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan beberapa fungsi penggunaan besi UNP pada kehidupan sehari-hari.

Fungsi besi UNP

  1. Sebagai komponen penutup atap

Besi UNP merupakan jenis besi yang sangat tangguh. Bentuk U yang dimilikinya juga memungkinkan besi ini melindungi atap dari material lain. 

Oleh karena itu, penggunaan besi UNP sebagai material penyusun bangunan biasanya ada pada balok penutup atap rumah. Dengannya, kekuatan atap akan lebih maksimal serta lebih tahan terhadap goncangan ataupun benturan, seperti ketika terjadi gempa bumi. 

Besi jenis ini bisa diaplikasikan pada berbagai jenis atap, seperti jenis atap kaca, seng, maupun genteng beton. Penggunaan material ini sebagai penutup atap tentu harus berdasarkan ukuran tertentu, dan biasanya bisa anda ketahui lewat toko jual besi UNP.

  1. Konstruksi bak mobil

Kekuatan besi UNP juga kerap menjadikannya digunakan sebagai bahan penyusun dalam konstruksi bak mobil pick up atau truk. Hal ini juga tak lepas dari faktor daktilitas tinggi yang dimilikinya. 

Adapun yang dimaksud daktilitas sendiri merupakan kemampuan besi dalam menahan tegangan tarik. Daktilitas yang tinggi membuat besi UNP tidak gampang memuai saat diharuskan menanggung beban yang sangat berat sekalipun. 

Selain itu, sifatnya yang anti korosi serta tahan panas juga membuatnya menjadi material pilihan dalam industri otomotif, khususnya kendaraan pengangkut.

  1. Pengokoh saluran air

Di perkotaan, umumnya saluran air dibuat dibawah jalan utama. Tanpa adanya struktur penopang yang baik, saluran air akan lebih cepat rusak karena terkena beban dari kendaraan yang melintas diatasnya. 

Untuk itu, dibutuhkan semacam pengokoh atau bantalan atas demi mengurangi tekanan yang menimpa saluran air. Besi UNP bisa menjadi pilihan yang sangat cocok karena kekuatannya. Selain itu, material ini dipilih sebab harga besi UNP juga cukup terjangkau. 

Penggunaan besi UNP sebagai pengokoh saluran air bisa ditemukan baik di area pedesaan maupun perkotaan. 

Untuk mendapatkan besi jenis ini, anda dapat langsung mengunjungi toko jual besi UNP yang terdekat dari tempat tinggal anda.

Leave a Reply