Belajar Matematika Dengan Cara Menyenangkan

Matematika identik dengan angka dan hitungan yang sulit untuk dipecahkan. Tetapi, selain itu matematika juga tentang penalaran dan dapat juga memecahkan soal menggunakan logika.

Matematika identik dengan angka dan hitungan yang sulit untuk dipecahkan. Tetapi, selain itu matematika juga tentang penalaran dan dapat juga memecahkan soal menggunakan logika.  Meskipun sudah dipaparkan sedemikian rupa, matematika tetap saja mempunyai citra yang selama ini hanya terpatok pada angka, oleh sebab itu anak tidak suka pelajaran matematika. Padahal ada banyak cara agar pelajaran les matematika terbaik tetap berjalan dan menyenangkan. Beberapa les matematika terbaik juga sudah menerapkan cara ini.

Beberapa Cara Pembelajaran Les Matematika Terbaik Yang Menyenangkan

  1. Memakai medium pembelajaran, dengan menggunakan medium pembelajaran kamu juga bisa mengajak anak untuk menunjukkan beberapa benda yang berada di sekitar kita, misalnya mengatakan jika papan tulis itu mempunyai bentuk persegi panjang, atau bola mempunyai bentuk lingkaran. Media lain yang dapat digunakan yaitu dengan menggunakan kacang merah untuk belajar tambah dan kurang. Misalnya dengan mengibaratkan jika adik mempunyai kacang merah 6 dan kakak meminta kacang merah sebanyak 3 butir, maka sisa berapa kacang merah punya adik? Hal itu tentu dapat membantu anak dalam belajar.
  2. Main lihat kemiripan, anak-anak juga senang melihat beberapa kemiripan benda dalam pengelompokan, cara bermain lihat kemiripan ini cukup mudah. Misalnya, kakak memiliki 7 bola, 3 bola berwarna merah, 2 bola berwarna kuning dan 2 bola lagi berwarna biru. Jika sudah seperti itu, maka kamu cukup meminta anak untuk mengelompokkan bola tersebut berdasarkan warnanya. Dengan cara pembelajaran seperti ini juga dapat membantu anak untuk mengasah kepekaan terhadap anak.
  3. Belajar sambil bermain, pada hal ini kamu dapat menerapkan beberapa permainan tebak-tebakan dari yang paling mudah dulu. Misalnya kamu memberikan tebak-tebakan seperti: saat pulang dari kantor, ayah membawakan 6 snack, tetapi ketika di jalan ayah memberikannya kepada anak temannya sebanyak 2 snack, lalu berapa snack yang ayah bawa? Kamu bisa mencobanya dalam bentuk lisan dan dilakukan secara bertahap dengan pertanyaan yang mudah. Untuk memeriahkan proses pembelajaran tersebut, kamu juga bisa memberikan hadiah kecil untuk mereka yang bisa menjawabnya.

Leave a Reply