Manfaat Penerapan Integrasi Ecommerce Dengan ERP Dalam Sebuah Marketplace

Dengan melakukan integrasi ecommerce dengan ERP, anda hanya perlu memastikan kualitas produk dan kualitas pelayanan dan tidak perlu khawatir dengan sistem pengelolaan bisnis karena sudah tersedia pada marketplace.

Dewasa ini sebenarnya menggunakan konsep ERP sudah tidak sulit lagi untuk dilakukan karena marketplace besar sudah menggunakan konsep ERP dalam memberikan layanan untuk penjualannya. Jika anda ingin menerapkan integrasi ecommerce dengan ERP anda hanya perlu memanfaatkan berbagai layanan yang diberikan dalam sebuah marketplace.

Ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan ketika berjualan produk, merintis bisnis di marketplace yang sudah memiliki nama dan memang sudah menerapkan konsep ERP didalamnya. Selain bisa meningkatkan bisnis anda ada beberapa manfaat lain yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan marketplace yang sudah mempunyai sistem ERP dalam pengelolaan bisnis.

  1. Tanpa Perlu Modal Besar

Biasanya ketika melakukan atau membuat ERP maka anda harus mempunyai modal untuk membuat database dan karyawan untuk bekerja, anda juga harus mempunyai e-commerce yang berbeda kemudian melakukan integrasi ecommerce dengan ERP secara manual untuk mendapatkan manfaat dari sistem ERP.

Namun dengan menggunakan marketplace yang memang sudah tersedia banyak sekali manfaat dengan menggunakan sistem ERP di dalamnya anda sudah bisa menjalankan bisnis dengan sangat mudah dan instan. Anda hanya perlu mengisi berbagai data yang biasanya diperlukan pada marketplace yang sudah tersedia.

  1. Mengisi Database Dengan Mudah

Biasanya pengisian database dalam ERP dengan metode klasik itu sangatlah rumit dan diperlukan orang yang sudah ahli atau profesional, namun dengan menggunakan sistem yang sudah ada pada marketplace anda sudah bisa memanfaatkan sistem ERP secara mandiri. Bahkan layanan pada marketplace biasanya sudah di desain lebih simpel agar bisa digunakan oleh orang awam sekalipun.

  1. Mendapatkan Layanan Promosi

Ketika anda menjual barang di marketplace maka secara otomatis anda akan mendapatkan kesempatan untuk mendapat pamor yang sama dengan marketplace tersebut. Apalagi sudah banyak marketplace besar yang bisa anda gunakan untuk menjual produk bisnis yang sudah banyak sekali pelanggannya tanpa anda harus mencari.

Biasanya marketplace besar juga memberikan fasilitas atau layanan promosi yang bisa anda gunakan dengan cara membayar biaya iklan agar produk atau barang yang anda jual bisa mudah ditemukan oleh calon pembeli. Dengan berbagai kemudahan ini selain menggunakan sistem ERP dalam menjalankan bisnis anda juga sudah mendapatkan layanan digital marketing yang mudah digunakan.

  1. Dapat Banyak Pelanggan

Dengan berjualan di marketplace maka anda sudah mendapatkan pelanggan secara otomatis anda tidak perlu lagi mencari pelanggan dan melakukan strategi marketing untuk meningkatkan brand atau mencari trafik. Karena pada sebuah marketplace besar trafik sudah tersedia dan mereka akan secara otomatis menemukan toko anda dan berbelanja produk yang mereka butuhkan.

Namun anda harus mempunyai produk yang unik dan tidak mempunyai saingan yang terlalu banyak karena akan berpengaruh pada penjualan. Dengan melakukan integrasi ecommerce dengan ERP anda tidak perlu khawatir lagi dengan sistem pengelolaan bisnis karena sudah tersedia pada marketplace. Anda hanya perlu memastikan kualitas produk dan kualitas pelayanan agar tidak mengecewakan pelanggan.

Leave a Reply